Tips Menata Ruangan pada Rumah Minimalis

Bisa dibilang sekarang rumah itu mahal-mahal, walau yang kecil sekalipun. Apalagi di kota-kota besar lahan perumahan sangat terbatas karena populasi penduduk yang semakin meningkat, alhasil bangunan rumah semakin padat, semakin kecil dan mulai bertingkat seperti rumah susun atau apartemen karena tidak adanya lahan.

Rumah dengan lahan terbatas ini sering kali disebut dengan rumah minimalis dan banyak pihak pengembang mencari solusi dengan membuat interior yang sesuai bagi ruang minimalis ini agar dapat memanfaatkan ruangan terbatas dengan lebih maksimal. 

Sebagai penghuni yang tinggal di rumah minimalis tidak bisa bebas menambah furnitur atau barang yang menyita ruang. Tapi ternyata ada tips untuk menata ruang minimalis sedemikian rupa agar dapat digunakan maksimal. Yuk cek apa saja tipsnya!

  1. Pilih perabotan yang tepat. Ternyata memilih perabotan itu sangat penting menentukan apakah sesuai dengan ruangan tidak hanya dari bentuk estetikanya saja. Perabotan yang cocok untuk ruangan minimalis adalah yang memberikan fungsi ganda. 1 perabotan dapat digunakan untuk berbagai macam kegunaan atau fungsi pastinya akan menghemat tempat di ruang rumah kalian.
  2. Manfaatkan dinding- jika ruang pada lantai sudah penuh atau terbatas kita bisa gunakan dinding atau bahkan langit-langit untuk menyimpan barang-barang seperti rak atau lemari dinding untuk menyimpan buku atau peralatan dapur, atau bahkan jemuran gantung yang dapat disimpan ketika tidak digunakan.
  3. Pilih perabotan yang proporsional, karena ruang terbatas tidak semua furnitur dapat sesuai dengan kebutuhan kalian, apalagi dari segi ukuran. Meja makan yang sangat besar juga tidak akan sesuai buat ruang rumah kalian yang terbatas. Jadi pintar-pintar memilih perabotan yang proporsional dengan ukuran ruangan. Pilih perabotan dengan desain ramping dan minimalis.
  4. Manfaatkan cermin; Cermin dapat memberikan ilusi optik untuk tampilan ruangan minimalis terlihat lebih luas. Hal ini terjadi karena cermin memantulkan cahaya dan refleksi gambar pada ruangan sehingga terlihat terang dan seperti dua kali lebih luas.
  5. Gunakan warna terang. Pilihlah warna-warna terang atau cerah untuk perabotan, dinding atau lantai pada ruangan kalian. Warna terang memiliki kemampuan lebih baik dalam memantulkan cahaya daripada warna gelap. Ketika cahaya memantul dari dinding berwarna terang, ruangan akan terlihat lebih terang, memberikan kesan ruangan yang lapang dan terbuka.
  6. Gunakan tempat penyimpanan secara efisien. Manfaatkan ruang-ruang tidak terpakai seperti di bawah tempat tidur, sudut-sudut ruangan dengan menjadikan ruangan tersebut sebagai tempat penyimpanan. Kalian dapat menggunakan kotak atau laci penyimpanan yang sesuai dengan ukuran ruang. Dengan cara ini kalian dapat menyimpan barang-barang yang tidak sering digunakan.
  7. Rapikan secara teratur, biasakan merapikan barang atau perabotan secara teratur. Hindari menumpuk barang-barang yang sudah tidak digunakan agar tidak menghalangi ruang gerak dan memberikan kesan ruangan lebih lapang dan terbuka.

Nah selain tips di atas, Arashe juga punya saran mesin cuci yang portabel buat kalian yaitu Arashi Laundry AWM 452A. Mesin cuci portabel satu tabung dengan kapasitas 4,5 kg yang hemat listrik (200 Watt) dan hemat air. Bobot ringan dan berukuran kecil yang hemat tempat menjadikan mesin cuci portabel ini sangat cocok untuk rumah minimalis. Mudah dipindah dan digeser, hemat ruang untuk disimpan ketika tidak digunakan. Hadir dengan fungsi pengering, pengatur waktu, saluran pembuangan air dengan selang anti bocor. Sangat cocok digunakan untuk rumah minimalis, apartemen dan kontrakan. 

Tunggu apalagi, pastikan rumah minimalis kalian dilengkapi Arashi Laundry AWM 452A, sudah bersertifikat SNI dan garansi Prime (garansi motor 2 tahun). Cari tahu lebih lanjut disini.

Image by pressfoto on Freepik

Back to top of page